Harunoblue

Bob Marley, Merah Kuning Hijau, Gimbal, Dan Ganja

In harunothink on June 14, 2010 at 8:05 pm

Punya kaos atau pernak-pernik dengan gambar daun ganja atau warna merah kuning hijau berderet-deret? Punya? Trus kalo emang punya maksudnya itu apa ya? Trus kenapa juga Bob Marley diidentikkan dengan ganja dan warna merah kuning hijau begitu?

Saya sering melihat di jalan orang-orang dengan kaos atau assesoris dengan corak seperti yang saya sebut di atas (ganja, warna hijau kuning merah, dan Bob Marley). Gak tau kenapa rasa ingin tau saya tergelitik, sebenarnya apa sih maksudnya?

Iseng-iseng saya browsing dan sedikit banyak jadi tau kalo warna hijau kuning merah itu adalah warna bendera Rastafari Movement atau sering disingkat dengan Rasta. Rastafari adalah sebuah agama yang lahir di Jamaica, namun ada juga yang lebih suka menyebutnya the way of life ketimbang agama. Agama tersebut berdasarkan pada Alkitab namun telah dipengaruhi oleh agama dan kepercayaan-kepercayan religius lainnya di Jamaica.

Para Rastafarian menyembah satu Tuhan (monotheism)  yang mewakili Holy Trinity: Tuhan Bapa, Tuhan  Anak dan roh Kudus yang mereka sebut “Jah”. Nah “Jah” ini adalah Haile Selassie (Rastafari berasal dari kata Ras Tafari yang merupakan nama lahir Haile Selassie, Ras Tafari Makkonen), Raja Ethiopia yang mereka anggap sebagai titisan Lion of Judah atau Yesus. Lalu atas dasar apa mereka Berani mengeluarkan statement bahwa Haile Selassie adalah “Jah”? Sebelumnya, ada sebuah ramalan yang mengatakan bahwa seorang raja baru akan bertahta di Ethiopia dan itu terbukti, bahkan ada ayat-ayat dalam alkitab yang mendukung hal tersebut seperti Revelations 5 : 5, Revelations 19 : 16, Revelations 22 : 16 and Psalms 87:4, Ezekiel 30, Epistle to Timothy, Revelation 19, 22, Psalms 9,18, 68, 76,and Isaiah 9.

Kembali ke masalah warna tadi, Setiap warna dari bendera Rastafari tersebut memiliki makna tersendiri. Merah melambangkan darah yang tumpah ke bumi, kuning melambangkan emas yang hilang atau kemakmuran juga matahari yang memberikan kehidupan pada semua, dan hijau melambangkan daratan hijau afrika yang hilang.

Lalu ada apa dengan ganja? Ganja atau canabis atau mariyuana dibawa pertama sekali ke Jamaika pada akhir tahun 1800 oleh orang-orang India timur. Sebelum Rastafari muncul ganja digunakan sebagai obat atau  dicampur dengan tembakau untuk rokok. Untuk Rastafarian, Ganja  digunakan untuk memperoleh kebijaksanaan dan menjadi bagian dari ritual keagamaan untuk mendekatkan diri mereka pada “Jah” (Tuhan). Jadi dengan kata lain mereka sembahyang dengan ganja biar lebih khusuk gitu.

Bob Marley, King of Reggae, yang terkenal dengan rambut gimbal yang mengispirasi Mbah Surip itu adalah Rastafarian. Dengan musik Reggae yang berasal dari Jamaica Bob Marley menyebarkan pengaruh Rastafari keseluruh dunia. Karena itulah mengapa selalu ada Bob marley dengan warna merah kuning hijau dan ganja.

Menyoal tentang rambut gimbal Bob Marley, ternyata itu juga ada makna tersendiri bagi Rastafari diantaranya adalah bagian dari sumpah dalam Injil Nazarene dan Leviticus yang melarang mereka untuk mencukur rambut (tapi bukan berarti rastafarian ini selalu berambut gimbal, ada juga yang tidak). Makna yang lain adalah gimbal melambangkan identitas mereka, agar mereka tidak lupa siapa mereka  dan mengingatkan mereka pada Jah (Tuhan) karena dengan rambut gimbal mereka terlihat seperti  singa (Lion of Judah, mungkin)

Ok, kita sudah bicara panjang lebar tentang Rastafari ini, tapi apa sebenarnya tujuan Rastafari ini? Saya juga gak tau, tapi ada yang bilang mereka adalah sebuah gerakan keagamaan dan sebuah revolusi kebudayaan untuk perdamaian dunia, keselarasan rasial, ekonomi, dan reformasi politik.  Tapi menurut yang saya pahami dari bacaan saya alasan munculnya Rastafari adalah untuk kebebasan orang kulit hitam, maknanya disini adalah pembangkangan terhadap penindasan dan simbol kebanggan sebagai kulit hitam.

Bob Marley adalah keturunan campuran. Ayahnya Inggris berkulit putih, sedangkan ibunya adalah Afro-jamaika. Karenanya dia terlahir terlalu hitam untuk masuk ke golongan kulit putih dan terlalu putih untuk masuk ke dalam golongan kulit hitam. Namun pada akhirnya dia memilih masuk dalam golongan kulit hitam. Begitu juga dengan orang-orang kulit hitam yang selama ini selalu di dominasi oleh orang kulit putih, mereka selalu menjadi masyarakat kelas dua bahkan Yesus pun berkulit putih, kenapa bukan kulit hitam? Apa yang salah dengan kulit hitam? Dengan kemunculan Haile Sallassei yang memenuhi ramalan akhirnya mereka memiliki tuhan dari golongannya sendiri. Yah bagaimanapun juga itu hanya asumsi saya saja yang tak bisa dipegang kesahihannya.

Sekarang banyak orang-orang yang bukan kulit hitam atau afrika yang mengaku rastafarian dengan rambut gimbal, pakaian dan assessoris bewarna merah kuning hijau, menyukai/memainkan musik reggae, mengaku berideologi Rastafari, namun mereka tak bisa sepenuhnya dianggap rastafarian. Karena pada dasarnya rastafarian sejati itu adalah orang afrika yang secara sadar dibesarkan dengan rasa kebanggan terhadap warisan , agama, kebanggaan, dan keberadaannya di dunia sebagai orang kulit hitam Afrika atau… menganut agama Rastafari dan menjalankannya secara kaffah.

Yah, akhirnya seharian ini saya habiskan di depan internet membaca soal Rastafari, dan saya jadi tahu  apa hubungan antara  Bob Marley, Merah Kuning Hijau, Gimbal, Dan Ganja. Ternyata itu bukan hanya  sekedar  gaya-gayaan tapi juga ada hubungannya dengan  pemujaan terhadap Jah, Tuhan Rastafari.

  1. baru tau… aku kira hanya sekedar gaya yang unik saja. sebab aku juga suka ganja.

  2. Awalnya saya juga ngira itu cm gaya-gayaan aja, tapi ternyata ada arti di baliknya. Eh, Beneran suka ganja?

  3. saya sangat senang dan juga bangga dalam permucikan reggae.
    Dan juga ke cinta an dalam isi unsur lirik lagu yg di cipta kan dalam permucikan reggae.
    Yg ddengan unsur cinta damai tau,.

  4. sy sgat banga dgan perjuang org htam krn sdah mlestarikan budaya rasta…smpai saat ini dan q pun menggilaiya

  5. baru tau sya ternyata bob marley suka daun ganja,klo kita dengerin musik reggae berarti kita ikut menyanyikan lagu rastafarian

  6. wah bahaya, bgt klo begitu
    bisa jdi ini salah satu syiar kaum rasta.
    bahkan anak2 rasta sering menyebut jah rasta
    itu artinya ngebikin orang2 mengikuti keyakinan kaum rasta secara pelan2
    gawaatttt baaangeeeeetttt !!!!!!!!

  7. muantab…peace and love

  8. salah atau tidak jika kami umat muslim sekedar menyukai dan bernyanyi lagu ini?

  9. reggae indonesia dan jamaica beda ,

  10. Gag usah coment klo gag tau reggae

  11. Rastafari bukanlh agama baru mereka(org kulit hitam) lebih senang menyebutny jalan hidup.
    rastafari adalah pemberontan kaum babylon(penguasa penindas) yg tlah mencuri hak mereka.
    Rastafari mempunyai larangan

    1. Kaum rastafari adalah vegetarian, mereka tidak makan daging kecuali daging yang sudah di tetapkan. 2. Rastafari melarang keras penganutnya mengkonsumsi Alkohol, Mabuk,menggunakan zat psikotropika/obat bahkan Merokokpun tidak diperbolehkan. Personil The Wailers (grup musik bob marley)tidak ada yang merokok. 3.Kaum rasta tidak diperbolehkan meletakan gunting diatas kepala, istilahnya mereka tidak boleh mencukur rambutnya dan membiarkan rambutnya panjang hingga bersilang-belit/gimbal (Mencukur rambut hukumnya Haram bagi kaum rastafari). 4.Rastafari mengajarkan penganutnya untuk selalu HIDUP DAMAI, melawan/memberontak arus-arus pemerintah yang mencoba mengusik dan menindas mereka.

  12. bob marley dri jamaika, truz apa hubungan.y ama afrika..

  13. Penikmat ganja nih.

  14. Ganja for ever…
    Ganja one love…
    uuyyeeee…
    Yo man…

  15. One love reggae ap lgi ganja

  16. Betul betul betul

  17. rasta is the best.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: