Harunoblue

Flower for Algernon (Chalie Si Jenius Dungu)

In harunobooks on July 26, 2010 at 12:46 am

Udah baca novel Flowers for Algernon? Novel ini bercerita tentang seorang pria bernama Charlie Gordon, berusia 32 tahun, yang memiliki IQ sangat rendah dan tak diinginkan oleh ibunya. Sehari-hariya dia bekerja di sebuah toko kue. Charlie sering menjadi bahan olok-olok atau dikerjai oleh teman-temannya namun dia tak pernah sadar tentang hal itu. Meskipun bodoh, Charlie memliki semangat yang besar untuk menjadi pandai.

Karena keseriusannya itu akhirnya dia dipilih oleh para peneliti untuk menjadi kelinci percobaan dalam sebuah eksperimen meningkatkan kecerdasan. Setelah dioperasi Charlie perlahan berubah menjadi orang yang sama sekali berbeda. Charlie tidak hanya menjadi pandai, tapi dia bahkan menjadi jenius melebihi para peneliti itu sendiri.

Namun sayangnya hal itu tak berlangsung lama, sama halnya dengan Algernon, tikus percobaan yang menjadi prototype dalam eksperimen peningkatan kecerdasan sebelumnya, Charlie mengalami kemunduran. Sedikit demi sedikit kecerdasannya menyusut dan kembali seperti sebelum dioperasi.

Novel ini secara garis besar menceritakan perkembangan Charlie yang bodoh perlahan menjadi jenius dan akhirnya menjadi bodoh kembali. Novel ini dikemas dalam bentuk jurnal. Dari jurnal yang ditulis charlie kita membaca kegiatan, pemikiran, perasaan dan perubahan emosi Charlie dalam perkembangannya.

Saat membaca bagian-bagian awalnya sayah merasa sedikit terganggu dengan banyaknya kesalahan ejaan yang disengaja oleh penulis novel ini, Daniel Keyes, untuk menunjukkan adanya perubahan pada Charlie dari hari ke hari. Seiring dengan meningkatnya kecerdasan Charlie tulisannya menjadi semakin baik dan mengalir, namun di bagian akhir gangguan itu muncul lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: