Harunoblue

Kenangan Yang Kembali

In harunotrivial on October 25, 2010 at 11:38 am

Dulu saat SMP (atau mungkin SMA, aku lupa) aku pernah membaca sebuah cerita di buku cetak pelajaran Bahasa indonesia. Aku lupa di kelas berapa. Cerita tersebut merupakan potongan dari sebuah novel lama yang aku sendiri tak ingat lagi apa judul dan siapa penulisnya tapi yang jelas dia wanita. Aku begitu terkesan dengan penggambaran suasana dalam cerita saat itu, terasa begitu nyata dalam imajinasiku begitu dekat dengan keseharian masa kanak-kanakku. Sepotong cerita yang tak lengkap itu terus meninggalkan kesannya hingga bertahun-tahun kemudian.

Kemarin setelah delapan tahun lebih akhirnya aku menemukannya kembali dalam potongan utuh setebal 108 halaman di sebuah rak toko buku. Entah bagaimana aku bisa mengenalinya padahal cerita itu berada dalam buku yang masih terbungkus rapat dalam kemasan plastik yang tidak boleh dibuka jika tidak membeli. Hatiku bilang inilah bukunya, cerita itu ada di dalam situ.

Aku ambil buku yang berjudul “Sebuah Lorong di Kotaku” karya Nh.Dini dan langsung kuletakkan di meja kasir. Setelah membayar aku langsung pulang dan membuka bukunya begitu sampai di rumah.

Ternyata benar, itu bukunya dan potongan cerita itu ada disana. Tapi aku masih heran bagaimana bisa aku tahu bahwa itu buku yang tepat?

Judul: Sebuah Lorong di Kotaku
No. ISBN: 9789792250817
Penulis: Nh. Dini
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 108
Harga: 24.000

Sinopsis:

Setiap orang pastilah menyimpan kenangan yang berasal dari masa kanak-kanaknya, baik kenangan yang manis maupun kenangan yang pahit. Akan tetapi tidak semua orang mampu mengungkapkannya kembali secara tertulis, seperti yang dilakukan Nh. Dini.

Dalam Sebuah Lorong di Kotaku ini, Dini mengisahkan kembali peristiwa-peristiwa yang dialaminya pada tahun-tahun terakhir zaman penjajahan Belanda hingga masuknya tentara Jepang. Diceritakan antara lain pengalaman: ramai-ramai menyerok ikan di belakang rumah ketika banjir, mengunjungi kakek-nenek (dari pihak ayah dan ibu), pertama kali masuk sekolah, ikut mengungsi, dan lain-lain.

Buku ini adalah buku pertama dari seri Cerita Kenangan Nh. Dini.

  1. jangan2.. sebenarnya heri adalah orang yg dikirim oleh heri di 100 tahu yg akan datang ke tahun ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: